PT Barata Indonesia (Persero) terpilih sebagai salah satu BUMN yang turut berpartisipasi dalam Program Mendikbudristek ” Kampus Merdeka “.

Barata Indonesia bersama dengan empat BUMN lainnnya yakni, Telkom, Petrokimia Gresik, Bank Mandiri serta Bank Syariah Indonesia, terpilih menjadi lokasi tempat mahasiswa-mahasiswa untuk mengukuti program magang ” Kampus Merdeka ” dari Mendikbudristek.

Salah satu program dari Kampus Merdeka tersebut adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), dimana Mahasiswa yang magang akan mendapatkan sertifikat sesuai dengan bidang yang digeluti sehingga akan lebih siap ketika diterjunkan langsung dalam dunia kerja, ketika lulus dari bangku kuliah.

Direktur Keuangan, SDM & Manajemen Risiko Barata Indonesia, Djoko Sarwono mengatakan, bahwa Barata Indonesia mendukung penuh program Kampus Merdeka yang digagas oleh Mendikbudristek.

Menurutnya hal tersebut sudah sejalan dengan program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan ) yang selama ini telah diusung oleh perusahaan dalam sektor pendidikan. Dukungan tersebut juga diberikan Perseroan dalam bentuk alokasi anggaran pada TJSL dan kerjasama program magang bersertifikat.

” Kami sebagai perusahaan BUMN memiliki kapabilitas untuk mencetak generasi unggul lewat program Magang Bersertifikat,” Kami percaya, pengalaman panjang kami di bidang industri manufaktur tanah air, akan sangat berguna bagi para Mahasiswa – Mahasiswa magang untuk bisa diaplikasikan di dunia kerja,” ujar Djoko Sarwono .

Tidak menutup kemungkinan, Mahasiswa dinilai terampil dan siap secara kompetensi serta skill, dapat memanfaatkan program magang bersertifikat yang diadakan oleh perseroan, sebagai batu loncatan untuk bisa langsung terjun di dunia kerja.

” Jadi ini sebenernya juga menjadi peluang bagi kami sendiri untuk membuka lapangan kerja sekaligus mendapatkan lulusan yang terampil,” imbuhnya.

Hal tersebut juga sejalan dengan tujuan dari Program Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Menteri Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dalam release resminya.

Mendikbudristek menyampaikan bahwa, Program Kampus Merdeka merupakan jawabannya bagi kebutuhan untuk mendorong pemberdayaan mahasiswa untuk dapat beradaptasi dengan situasi dan mengambil kendali atas masa depan.

Sangat penting, mengingat dalam mengikuti perubahan global diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk dapat mewujudkan visi Indonesia Maju.

Lebih lanjut, perubahan tersebut harus dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan transformasi sistem pendidikan tinggi Indonesia untuk dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan mampu mengejar perubahan global.

Sehingga tidak hanya akan tercipatanya lapangan kerja namun juga lulusan yang terampil



1 Komentar

Tinggalkan Balasan