Corporate Social Responsibility (CSR)/Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL)

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Barata Indonesia (Persero) atau Barata, turut mendukung pencapaian Agenda Sustainable Development Goals (TPB / SDGs) 2030 yaitu kesepakatan pembangunan berkelanjutan yang didasarkan pada hak asasi manusia dan kesetaraan.

Perusahaan memetakan prioritas TPB / SDG yang dijalankan Barata, yaitu SDGs 4, Pendidikan Berkualitas; SDGs 8, Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; SDGs 12, Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; SDGs 16, Keadilan Perdamaian dan Institusi Kuat.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara di bidang manufaktur, Barata menyadari bahwa Perseroan juga memiliki tanggung jawab yang lebih luas dalam mengedukasi masyarakat guna menciptakan generasi yang berkualitas di masa depan. Melalui program Barata Mengajar, Barata memberikan informasi, pengetahuan dan wawasan terkait industri manufaktur dan konstruksi, mendukung SDGs 4 Quality Education.

Barata juga mewujudkan dukungan untuk pencapaian Sasaran 8 SDGs yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi melalui program UMKM.

Program ini merupakan sarana bagi perusahaan untuk memberdayakan UMKM, yang memiliki tujuan yang sama dengan negara dalam hal penciptaan lapangan kerja dan lapangan kerja, yang akan berdampak signifikan terhadap upaya pengentasan kemiskinan. Melalui program ini, Barata dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta penyediaan lapangan kerja yang layak bagi masyarakat.

Sejalan dengan prinsip keberlanjutan, Barata berkomitmen mendorong semua pihak untuk bertanggung jawab dalam proses produksi dan pemanfaatan, sehingga dapat berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan implementasi dan dukungan untuk pencapaian Tujuan 12 SDGs, yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Komitmen Barata dalam mendukung pencapaian SDG 12 juga dilakukan melalui berbagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Kegiatan CSR yang dilakukan meliputi pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, penanggulangan bencana melalui bantuan sosial lainnya.

Dalam menjalankan aktivitas bisnis, Perseroan memastikan penerapan SDGs 16 melalui penerapan prinsip-prinsip GCG di setiap aspek bisnis dan operasional. Barata meyakini penerapan GCG secara konsisten akan memperkuat posisi perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya perusahaan, memaksimalkan nilai perusahaan dalam jangka panjang dan meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan.