Gresik – PT Barata Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan Pertashop batch pertama untuk PT Pertamina (Persero). Perseroan berkomitmen mendukung Pertamina dalam memberikan penyediaan BBM yang merata di seluruh pelosok tanah air. Sebagai BUMN Industri Manufaktur, Barata senantiasa memastikan penyelesaian order tetap berjalan ditengah ketatnya arus kas perusahaan akibat Covid-19. Kepastian ini juga merupakan komitmen perseroan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, harga yang kompetitif dan delivery product yang tepat waktu.

Direktur Utama Barata Indonesia Fajar Harry Sampurno mengatakan bahwa produksi Pertashop milik Barata Indonesia ini merupakan bentuk dukungan perseroan dalam membuka akses energi masyarakat pedesaan di berbagai wilayah Indonesia. “Pertashop adalah komitmen kami mendukung Pertamina dalam menjawab kebutuhan akan penyediaan fasilitas BBM di daerah – daerah terpencil yang jauh dari SPBU.” ujar Harry.

Bahkan melalui sinergi ini, Barata Indonesia kembali dipercaya dan telah mengantongi kontrak pengadaan pertashop batch selanjutnya. Perseroan berperan dalam penyediaan dan fabrikasi sarana dan prasarana stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini sesuai dengan standard dan spesifikasi yang ditetapkan. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi konsumen.
Pertashop merupakan produk sinergis antara Divisi Usaha Bersama dan Divisi Industri Komponen dan Pemesinan yang terdiri dari tangki double wall kapasitas 3 KL standar above ground dengan concrete insulation yang mengikuti spesifikasi UL 2085, container dimensi luar 2400x2400x2590mm lengkap dengan accesories, fuel system, pipelines serta peralatan mekanikal dan elektrikal terintegrasi yang telah memenuhi standar safety dan SPBU modular.

Berdasarkan catatan perseroan, produk pertashop kini telah tersebar dan beroperasi di beberapa provinsi tanah air antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Bali.

Lebih lanjut, Perseroan berharap produk Pertashop dapat memberikan added value bagi pengembangan ekonomi masyarakat desa melalui kemitraan dengan PT Pertamina Retail (anak usaha PT Pertamina yang berwenang dalam mengelola Pertashop). Hal ini diharapkan juga akan berdampak pada pengembangan berbagai pelaku usaha lainnya di pedesaan seperti petani, nelayan, bengkel, home industry dan lain sebagainya. Kemudahan akses energi yang lebih terjangkau merupakan bentuk implementasi nyata hadirnya BUMN untuk Indonesia.
Barata Indonesia



Tinggalkan Balasan